Sambut Bulan Suci Ramadhan Dengan Tips Berikut
22 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan menjadi bulan umat muslim diseluruh penjuru dunia. Dimana pada bulan suci ini, kita diharuskan menahan lapar dan dahaga. Tetapi tidak itu saja, kita pun harus bisa menjaga seluruh anggota badan kita agar tidak melakukan hal-hal yang akan mengurangi pahala puasa kita, jaga pandangan, lisan, dan perbuatan. Pergunakanlah waktu ini sebaik mungkin untuk melakukan hal-hal yang positif dan akan menambah pahala ibadah puasa kita.

Baca Juga : Amalan Malam Jumat Ini Sangat Disayangkan Jika Dilewatkan

Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan ada beberapa tips mempersiapkan diri untuk menyambung Ramadhan

1. Mendekatkan Diri pada yang Kuasa
Penting sekali mendekatkan diri kepada sang Pencipta, agar selalu diberikan keberkahan dalam segala perbuatan. Untuk menyambut bulan suci Ramadhan ini, kita harus mendekatkan diri kepada sang pencipta, agar diberikan kesehatan untuk bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

2. Melunasi Hutang Puasa Tahun Lalu
Melunasi hutang puasa Ramadhan itu hukumnya wajib, kita wajib mengqadha nya kapan saja sebelum Ramadhan tahun berikutnya tiba. Ada beberapa kondisi yang memperbolehkan umat Muslim untuk tidak menjalankan ibadah puasa seperti, sakit, hamil dan datang bulan.
Jika mengalami hal-hal diatas maka kita wajib untuk melunasinya dengan cara melakukan puasa qadha.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh
Meski sedang berpuasa, kesehatan tubuh tetap perlu dijaga dengan sangat baik. kita harus tetap rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi. Tidak lupa untuk memperhatikan pola tidur agar mendapatkan istirahat yang cukup dan semangat saat bangun dari tidur.

4.Melakukan Ziarah
Menjelang bulan suci Ramadhan biasanya yang dilakukan oleh umat muslim adalah melakukan ziarah ke makam keluarga dan kerabat. Dalam melakukan ziarah ada tata cara yang harus diperhatikan sebagai berikut :

  1. Mengambil wudhu sebelum berangkat ziarah
  2. Mengucapkan salam kepada ahli kubur pada saat sampai di pemakaman
  3. Membacakan doa untuk orang yang sudah meninggal (almarhum)
  4. Membaca surat-surat pendek atau bahkan surat yasin
  5. Tidak berperilaku kurang baik saat berada di pemakaman
Baca Juga : Berikut Adab Bermedia Sosial Menurut Pandangan Islam

5. Memperdalam Ilmu Agama

Untuk lebih matang mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan, tidak ada salahnya kita lebih memperdalam tentang wawasan kita. Agar kita lebih memahami hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berpuasa. Sehingga amal ibadah puasa kita tidak terbuat sia-sia.

Sumber