Keutamaan Sedekah dalam Islam
03 Mei 2024
BAITULLAH.CO.ID – Sedekah, tindakan memberikan sebagian dari harta kepada yang membutuhkan, adalah salah satu nilai inti dalam ajaran Islam. Selain membantu yang kurang mampu, sedekah juga membawa berkah bagi orang yang memberikan. Berikut adalah beberapa keutamaan sedekah beserta dalil-dalilnya dari Al-Qur'an dan Hadis yang mengilustrasikan pentingnya amalan ini dalam kehidupan seorang Muslim.

Baca Juga: Prioritas yang Harus Didoakan Selama Wukuf di Arafah

Kedekatan dengan Allah SWT


Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah (2:261):
"Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan harta mereka di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui."
 

Membersihkan Harta dan Jiwa

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis riwayat Imam Ahmad:
"Sedekah itu seperti air yang memadamkan api. Sedekah bisa membersihkan harta serta jiwa seseorang dari sifat-sifat tercela."
 

Membuka Pintu Rezeki

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surah At-Taubah (9:103):
"Sedekah itu hanya untuk fakir miskin, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Sedekah itu adalah suatu kewajiban yang ditetapkan oleh Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."
 

Perlindungan dari Musibah

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis riwayat Imam Muslim:
"Tidak akan habis harta seorang hamba karena bersedekah. Dan Rasulullah SAW menambahkan: Allah tidak akan mengurangi harta seseorang yang bersedekah, karena itu tidaklah seseorang yang bersedekah makin banyak (harta)nya melainkan akan diberikan keberkahan."
 

Mendekatkan Surga

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis riwayat Imam Ahmad:
"Orang yang paling dekat tempatnya dengan Allah dan yang paling dicintai Allah serta orang yang paling dekat ke surga ialah orang yang banyak bersedekah."

Baca Juga: Mengapa Orang yang Meninggal di Makkah Tidak Dibawa Pulang?

Dengan memahami dan mengamalkan keutamaan sedekah ini, umat Islam diajak untuk menjadi lebih peduli terhadap sesama, serta merasakan keberkahan dan kedekatan dengan Allah SWT. Sedekah bukan hanya tentang memberi sebagian harta, tetapi juga tentang membersihkan jiwa, membuka pintu rezeki, dan mendekatkan diri kepada-Nya. Semoga kita semua dapat menjadi hamba yang dermawan dan bermurah hati dalam berbagi kepada sesama.
Sumber