Kisah Nabi Isa As dan Mukjizat Menghidupkan Orang Mati
16 Mei 2024
BAITULLAH.CO.ID – Salah satu mukjizat besar yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Isa AS adalah kemampuannya untuk menghidupkan orang mati.

Suatu ketika, Nabi Isa AS berada di tengah-tengah orang-orang yang mempercayainya, ketika seorang wanita yang sedang menangis mendekatinya. Wanita itu bercerita bahwa putranya telah meninggal dunia.

Baca Juga: Salat di Pesawat: Cara salat dan Bertayamum

Dalam keadaan yang penuh belas kasih, Nabi Isa AS menghampiri mayat anak tersebut dan meminta kepada Allah SWT untuk menghidupkannya kembali.

Dengan izin Allah SWT, Nabi Isa AS berhasil menghidupkan kembali putra wanita itu, yang bangkit dari kematian dan kembali hidup seperti sedia kala.

Kisah mukjizat nabi Isa menghidupkan orang mati tertulis dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 49.
 
Allah SWT berfirman :

وَرَسُوْلًا اِلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ ەۙ اَنِّيْ قَدْ جِئْتُكُمْ بِاٰيَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ ۙ اَنِّٓيْ اَخْلُقُ لَكُمْ مِّنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ فَاَنْفُخُ فِيْهِ فَيَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚوَاُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ وَاُحْيِ الْمَوْتٰى بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚوَاُنَبِّئُكُمْ بِمَا تَأْكُلُوْنَ وَمَا تَدَّخِرُوْنَ ۙفِيْ بُيُوْتِكُمْ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَۚ

Wa rasūlan ilā banī isrā’īl(a), annī qad ji’tukum bi’āyatim mir rabbikum, annī akhluqu lakum minaṭ-ṭīni kahai’atiṭ-ṭairi fa’anfukhu fihi fayakūnu ṭairam bi’iżnillāh(i), wa ubarri’ul-akmaha wal-abraṣa wa uḥyil-mautā bi’iżnillāh(i), wa unabbi’ukum bimā ta’kulūna wa mā taddakhirūna fī buyūtikum, inna fī żālika la’āyatal lakum in kuntum mu’minīn(a).

Artinya :
(Allah akan menjadikannya) sebagai seorang rasul kepada Bani Israil. (Isa berkata,) “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, sesungguhnya aku membuatkan bagimu (sesuatu) dari tanah yang berbentuk seperti burung. Lalu, aku meniupnya sehingga menjadi seekor burung dengan izin Allah. Aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahir dan orang yang berpenyakit buras (belang) serta menghidupkan orang-orang mati dengan izin Allah. Aku beri tahukan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kerasulanku) bagimu jika kamu orang-orang mukmin.

Baca Juga: Kisah Nabi Isa dann Mukjizat Menghidupkan Burung dari Tanah Liat
 
Dalam kisah ini, Nabi Isa menghidupkan orang mati dengan izin Allah. Ini menunjukkan kekuasaan dan keagungan Allah, serta kepercayaan yang dimiliki Nabi Isa kepada-Nya.

Mukjizat menghidupkan orang mati adalah salah satu dari banyak mukjizat yang diberikan Allah kepada para nabi sebagai tanda kebenaran misi mereka dan sebagai bukti kekuasaan-Nya atas segala sesuatu. Ini juga menunjukkan bahwa kehidupan dan kematian berada dalam kendali Allah, dan bahwa Dia memiliki kekuasaan untuk menghidupkan kembali siapa pun yang Dia kehendaki.

Kisah ini menginspirasi umat Islam untuk menghormati dan menghargai kekuasaan Allah, serta untuk mengikuti ajaran yang diajarkan oleh para nabi, termasuk Nabi Isa.
Sumber