Bagaimana Aib Dalam Pandangan Islam? Berikut Doa agar Dilindungi dari Aib
23 Agustus 2024
BAITULLAH.CO.ID – Dalam ajaran Islam, aib dalam bahasa Arab berarti "cacat" atau "kekurangan" dan merupakan bagian dari masa lalu setiap orang sehingga tidak boleh disebarkan, atau bahkan dengan tujuan menjelekkan.

Aib tidak hanya mencakup kekurangan fisik, tetapi juga mencakup kelemahan seperti moral contohnya, Islam mengajarkan agar umatnya menjaga diri dari aib dan berdoa untuk perlindungan dari segala bentuk aib tersebut. Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk menjaga aib diri sendiri dan orang lain, serta untuk menjaga kehormatan dan integritas.

Baca Juga: 6 Pilar Raudhah di Masjid Nabawi, Jejak Sejarah Nabi Muhammad SAW
 

Hadits tentang Aib

Rasulullah SAW menekankan pentingnya menjaga diri dari aib dan tidak membuka aib orang lain. Dalam sebuah hadits, beliau bersabda:
“Barang siapa menutup aib seorang Muslim, maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat." (HR. Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa menutupi aib orang lain adalah tindakan yang sangat dianjurkan dalam Islam, dan Allah akan membalas perbuatan baik ini dengan menutupi aib kita di dunia dan akhirat.
 

Doa untuk Perlindungan dari Aib

Untuk melindungi diri dari aib, umat Islam dianjurkan untuk berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT. Berikut adalah beberapa doa yang dapat dibaca untuk meminta perlindungan dari segala bentuk aib:

1. Doa Perlindungan dari Aib dan Keburukan
اللهم احفظني من كل عيب وشر، واغفر لي ما لا يعلمه إلا أنت، وارحمني برحمتك
Allahumma ihfazni min kulli 'ayb wa sharr, waghfir li ma la ya'lamuhu illa anta, wa rhamni birahmatika.

"Ya Allah, lindungilah aku dari segala aib dan keburukan, ampuni aku atas apa yang hanya Engkau yang mengetahuinya, dan rahmatilah aku dengan rahmat-Mu."
 
2. Doa Memohon Keberkahan dan Perlindungan
اللهم بارك لي في حياتي وعملي، واغنني بفضلك عما سواك
Allahumma barik li fi hayatihi wa 'amali, waghni ni bifadhlika 'amma siwak.

"Ya Allah, berkatilah hidupku dan pekerjaanku, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari selain-Mu.”

Baca Juga: Cuaca Panas Menyengat, Yuk Amalkan 5 Doa yang Diajarkan Para Nabi
 
Islam memerintahkan umatnya untuk menjaga privasi dan kehormatan orang lain dengan menutup aib mereka. Ajaran ini juga meliputi pengendalian diri dari kebiasaan buruk seperti bergunjing, yang seringkali melibatkan penyebaran keburukan orang lain. Dengan mengikuti tuntunan Rasulullah SAW dan menjaga diri dari kebiasaan buruk ini, kita dapat hidup dalam keharmonisan dan saling menghormati dalam masyarakat. Semoga kita selalu dilindungi dan selalu dipertemukan oleh orang-orang baik disekeliling kita.
Sumber