Lemas Saat Berpuasa? Lakukan Cara Ampuh Ini!
01 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID – Saat puasa seluruh anggota badan harus menahan diri untuk tidak makan dan minum dan tidak melakukan hal-hal yang akan membatalkan pahala berpuasa. Waktu berpuasa dimulai dari terbit hingga matahari terbenam.

Agar tidak merasakan lapar dan haus, lakukanlah aktivitas sehari-hari agar waktu pun terasa cepat. Terkadang kita bisa saja kekurangan konsenterasi pada saat menjalakan aktivitas sehari-hari, agar tidak lemas dan merasa lebih bertenanga pada saat berpuasa ada beberapa cara yang bisa diikuti.

Baca Juga : Sahur Penuh Berkah Dengan Doa yang Dibaca Rasulullah SAW

Cara ampuh agar puasa tidak lemas

Puasa ternyata memberikan manfaat yang baik juga untuk tubuh, seperti mengontrol kadar gula darah, detoksifikasi tubuh, hingga pemulihan sistem pencernaan. Beberapa tips ini bisa dilakukan agar bertenaga pada saat puasa

1. Minum air yang cukup
Kita dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 2 liter setiap harinya atau tergantung dengan berat badan kita. karena, pada saat kita dehidrasi kemungkinan besar menjadi penyebab kita merasakan lemas pada saat berpuasa. Oleh karena itu, pada saat berbuka hingga sahur kebutuhan minum tercukupi.

Untuk menghilangkan dehidarasi tidak hanya dengan minum air putih saja, tetapi bisa mengkonsumsi buah-buahan, air kelapa hingga yoghurt untuk menambah asupan cairan.

2. Konsumsi makanan sehat
Masaklah makanan yang sehat untuk berbuka dan sahur, tentu hal ini penting agar tubuh kita tidak lemas pada saat puasa. Hindari makanan yang berlebih dan yang cepat dicerna oleh tubuh karena ini akan mengakibatkan perut cepat lapar dan akhirnya lemas.

Pilih juga makanan tinggi serat, seperti pilihan buah sehat untuk puasa, sayuran, dan biji-bijian yang baik untuk kesehatan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

3. Lakukan olahraga secara rutin
Cobalah berolahraga dengan waktu 30-60 menit, jika bisa dilakukan dengan sering. Olahraga dapat dilakukan menjelang waktu berbuka, setelah berbuka, dan sebelum tidur. Hindari olahraga pada siang hari, karena pada saat waktu itu tubuh sedang tidak baik agar tidak dehidrasi.

4. Jam tidur cukup
Pada bulan Ramadhan ini mungkin bagi sebagian orang kekurangan jam tidur mereka dari jam biasanya. Karena harus menyiapkan makan untuk sahur, berbuka dan shalat tarawih. Sebisa mungkin atur waktu tidur agar tetap 8 jam sehari, dengan cara tidak banyak begadang. Selain itu, hindari makanan dan minuman berkafein menjelang tidur. Kafein dapat menghindari ngantuk sehingga jam tidur bisa semakin berantakan.

Baca Juga : Bersentuhan Kulit Dengan Lawan Jenis? Berikut Penjelasannya!

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan agar puasa kita tidak merasakan lemas dan tidak bersemangat. Pastikan hidup sehat dilakukan pada saat puasa agar ibadah puasa lancar hingga akhir.
Sumber